Notification

×

Iklan

Iklan

UMGO Gelar Outbound Mahasiswa Berasrama, Wujudkan Mahasiswa Berkarakter

12/12/23 | 12:45 WIB Last Updated 2023-12-12T05:45:40Z

 

Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo membuka kegiatan Outbound mahasiswa berasrama (Foto: Humas UMGO)

semestanews.id - Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) sukses melaksanakan kegiatan Outbound dalam rangka pengembangan softskill bagi mahasiswa peserta Program Pembinaan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berasrama di Lapangan Pencerahan UMGO, Ahad, (10/12/23).

Outbound ini masih merupakan bagian dari rangkaian Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diperuntukkan bagi mahasiswa berasrama sebagai kegiatan menjelang berakhirnya program tersebut. 

Pada kegiatan ini, mahasiswa diajak untuk melakukan permainan secara berkelompok untuk mengasah kebersamaan, kerjasama, dan membangun interaksi satu sama lain dengan mahasiswa dari fakultas bahkan prodi yang berbeda.

Prof. Abd. Kadim Masaong, M.Pd., selaku Rektor UMGO dalam kesempatan tersebut menerangkan bahwa kegiatan ini untuk menjaga silaturahmi dan memperbarui semangat kerja.

“Untuk menjadi sukses Imanlah poin paling penting untuk kita kta menjadi hebat, maka hari ini kalian praktekan hari ini motto UMGO dimana urutannya pertama adalah Iman, dengan Iman yang kuat kita tidak mudah stres karena Laa hawla wa laa quwwata illa billah yang mengandung arti tiada daya dan kekuatan selain dari Allah SWT, setelah itu baru yang kedua Ilmu yang tinggi, dengan Iman dan Ilmu yang tinggi sudah pasti akan memiliki Akhlak yang baik setelah memiliki ketiga itu perlu mengasah soft skill, soft skill adalah potensi dalam diri yang akan memperkuat hard skill kita menjadi bagus dan akan ada kegiatan terakhir untuk kalian yakni malam Inagurasi merupakan ajang unjuk potensi dan soft skill kalian nantinya anda akan memperoleh 5 sertifikat yang dapat digunakan pada proses berikutnya pada perkuliahan mulai dari magang, KKD dll," Jelasnya.

Lanjut Kadim, menjadi orang sukses butuh proses yang paniang dan hari ini kalia dilatih bagaimana menjadi pemimpin dan orang sukses, setelah keluar asrama dirinya berharap mahasiswa tetap menjadi seperti di asrama dan menerapkan motto UMGO dalam artian tetap menjaga apa yang sudah di bangun di asrama terutama dalam ibadah dan pembinaan soft skill. 


"Juga dalam kegiatan outbound kami berharap, mahasiswa dapat mengasah keterampilan, meningkatkan sosialisasi, mengasah kreativitas, saling berkomunikasi, kemampuan dalam memecahkan masalah dan membangun kekompakan. Sehingga terbentuk mahasiswa-mahasiswa yang berkarakter, berprestasi dan menjadi SDM unggul di masa mendatang,” Harapnya. 

Ini permainan dan perlombaan tetapi memiliki makna yang mendalam untuk modal kalian sebagai calon pemimpin dimasa yang akang datang.

"Semua permainan memiliki makna dan tujuan yaitu melatih kerjasama tim, mau menerima pendapat orang lain, mampu memecahkan masalah secara bersama – sama, melatih untuk tidak mudah putus asa, harus sabar, harus fokus, dan setiap kelompok ada ketua dilatih untuk kreatif, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan," Tutupnya. 

Sesuai pantauan, hadir menyaksikan pelaksanaan Outbound ialah Rektor UMGO, Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, Wakil Rektor I, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Ketua Pengelola Asrama Atiq Aqiqotul Hasanah, MA., Tim Fasilitaor Outbound, para Musyrif dan Musyrifah sebagai pendamping kelompok dan seluruh peserta outbound.


Report: Humas UMGO
×
Berita Terbaru Update